Monday, December 31, 2007

Penelitian

STT-HKBP bertugas untuk mengembangkan penelitian-penelitian teologi, terutama dengan memusatkan perhatian terhadap kesaksian umat seperti yang tertulis dalam kitab Perjanjian Lama dan kitab Perjanjian Baru, serta terus-menerus merefleksikannya dengan tantangan-tantangan yang dihadapi pada masa kini, maupun masa yang akan datang.
Kesempatan meneliti dan kesempatan berteologi merupakan kemungkinan yang tersedia untuk memikirkan kembali, definisi yang sebelumnya telah ada, baik di kalangan pemikir-pemikir akademis, maupun di tengah-tengah Gereja.
Penelitian yang dikembangkan tersebut, pada barisan pertama dimaksudkan untuk mempersiapkan calon-calon pelayan gerejawi, oleh karena itu juga secara tidak langsung dimaksudkan untuk membantu mempersiapkan pertumbuhan iman yang dewasa di tengah-tengah umat Tuhan, melalui Gereja Tuhan yang kudus. Penelitian yang dikembangkan di STT-HKBP terus-menerus melakukan komunikasi yang dialogis dengan jemaat dan masyarakat, di mana persoalan-persoalan dan kekayaan informasi yang melimpah yang ada pada mereka dikumpulkan, dikategorikan, dikaji, dikritisi serta diformulasikan; diterangi cahaya motto "credo ut intelligam" (iman karena inteligensi). *

No comments: