Friday, January 11, 2008

Biblika

Pengantar Umum
Jurusan Biblika merupakan jurusan fundamental yang utama dan pratama mendasari keseluruhan aktifitas studi Theologi. Hal ini berkaitan erat dengan Tradisi Reformasi yang dikenal dengan salah satu diktumnya sola scriptura. Biblos yang terdiri dari Perjanjian Lama (PL) dan Perjanjian Baru (PB) merupakan kekayaan yang penuh dengan berbagi pertanyaan dan jawaban.
.......Biblos selalu dipandang untuk dan dengan situasi kekinian (kontemporer/gegenwart), akan tetapi tampilnya sebuah teks atau sebuah kata kunci dalam kehati-hatian ditelusuri mundur pada zaman-zaman asalinya yang terus berkembang pada periode-periode selanjutnya dengan segala keunikan dan kerumitannya. Selalu ada hubungan timbal balik di antara kebutuhan-kebutuhan jemaat/masyarakat terkini dan kesaksian-kesaksian Biblos. Artinya, terkadang pertanyaan-pertanyaan yang kini berkembang di tengah-tengah masyarakat terkadang dicoba dicari pada kekayaan Biblos (tanpa eisegetis), walaupun sering sekali jawaban yang tampil tidak sesuai dengan selera masayarkat. Maka tidak jarang kalau akhirnya exegese Biblika mempertanyakan atau mengkritisi keadaan masyarakat terkini. Inilah salah satu yang membuat Jurusan Biblika sangat menarik dan penuh tantangan.
.....Penelitian dan Kritik adalah fungsi dan aktifitas setiap institusi pendidikan. Sebagian besar hasil penelitian bisa membangun dan mensejahterakan masyarakat dan manusia-manusia di dalamnya. Akan tetapi sebuah Kritik, bisa juga menghancurkan peradaban yang sudah terbangun dan menyamankan manusia. Oleh karena itu, Kritik Biblika selalu diuji teliti dalan terang kehati-hatian, supaya Kritik yang ditampilkan menjadi Kritik yang membangun - yang memberi syalom/eirene, bukan yang menghancurkan.
.
Literatur:

...

No comments: