Thursday, January 10, 2008

Theologia Pastoral

Pengantar Umum
Theologi Pastoralia bertugas untuk memperkenalkan fungsi praktis Pastor, sebagai Gembala dan sebagai Pelayan; serta melihat hubungan timbal balik: sebagi Guru dan sebagai Murid, sebagai Nabi dan sebagai Umat, dll. Untuk itu Theologia Pastoraliah terus-menerus memanfaatkan studi-studi terbaru bidang Biblika, Pastoral Care/Counseling sekaligus berdialog dengan methode-methode yang dikenal dan dikembangkan oleh bidang Psikologi/Psikoterapi.
.......Untuk bidang Biblika Theologia Pastoralia memberikan masukan akan pengalaman kesulitan yang dihadapi pada Praktek Pastoralia, untuk distudikan dan kembali memberi pencerahan kepada Theologia Pastoralia. Misalnya Theologia Pastoralia memberikan masukan atas pertanyaan: bagaimanakah infromasi biblis tentang kekerasan domestik di tengah-tengah keluarga, apakah memukul anak dengan rotan seperti yang tertera pada kitab Perjanjian Lama masih memiliki latar belakang unik lainnya, bagimanakah kesaksian biblika tentang hubungan cinta kasih sesama perempuan dengan perempuan dan sesama pria dengan pria.
......Theologia Pastoralia selalu bertanya ulang kepada semua Jurusan Theologia. Inilah keunikan tantangan yang menarik pada bidang ini.
.
Literatur:
...

No comments: